Rizal Ramli Tuding Sri Mulyani 'Ratu Utang'
Foto :

Rizal Ramli Tuding Sri Mulyani 'Ratu Utang'

Senin , 20 Mei 2019 - 10:22 WIB

Ian Ras

Shares

Jakarta, Terbit News - Mantan Menko Kemaritiman Rizal Ramli kembali melayangkan kritik kepada Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani. Kali ini Rizal Ramli menyindir soal utang pemerintah bertambah Rp 347 triliun dalam setahun dan bahkan menkeu sebagai ratu utang.
 
Melalui akun media sosial Twitter miliknya, @RamliRizal, Rizal menyebut Menkeu Ratu Utang, dipuja-puja kreditur karena berikan bunga tertinggi se-ASEAN.
 
Selain itu, dalam cuitannya Rizal juga menyinggung utang pemerintah naik Rp 347 triliun setahun, artinya nyaris bertambah Rp 1 triliun per hari.
 
Kementerian Keuangan merilis data utang pemerintah per April 2019. Dalam data tersebut disampaikan utang pemerintah pada April 2018 sebesar Rp 4.180,61 triliun. Setahun kemudian, April 2019, naik Rp 347,84 triliun menjadi Rp 4.528,45 triliun.
 
"Dalam mengelola utang yang akuntabel, Pemerintah benar-benar memperhitungkan bahwa setiap rupiah utang yang dilakukan Pemerintah harus dimanfaatkan untuk membiayai kegiatan yang sifatnya produktif dan investasi dalam jangka panjang yang tidak dapat ditunda pelaksanaannya agar tidak menimbulkan kerugian lebih besar lagi di masa depan," demikian tulis Kemenkeu dalam Laporan APBN Kita per April 2019.
 
Rasio Pajak
 
Sebelumnya Rizal Ramli menilai imbal hasil utang Indonesia yang merupakan biaya yang ditanggung pemerintah relatif tinggi yaitu mencapai 8 persen per tahun. Sebagai pembanding, Rizal menyebutkan imbal hasil surat utang Vietnam hanya di kisaran 4 persen per tahun.
 
“Ini tidak sehat. Cepat atau lambat Indonesia akan menghadapi masalah,” ujarnya.
 
Di sisi lain, Rizal Ramli juga mengkritik rasio pajak yang terus merosot sejak 2014 dari 13,7 persen hingga ke level 11,6 persen tahun lalu. Kebijakan reformasi birokrasi pajak yang dilakukan Jokowi juga tidak membuahkan hasil. Berdasarkan informasi dari pelaku bisnis yang diperolehnya, individu masih tetap harus ke kantor pajak. Suap oleh wajib pajak kepada petugas pajak untuk mengkompromikan besaran pajak juga disebut Rizal masih terjadi.
 
“Saya menyesalkan, tidak ada perubahan signifikan dalam hal operasional mereka,” ujarnya.


TAG : Rizal Ramli 

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitnews[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Terkini


A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library '/opt/cpanel/ea-php56/root/usr/lib64/php/modules/mysqli.so' - /opt/cpanel/ea-php56/root/usr/lib64/php/modules/mysqli.so: cannot open shared object file: No such file or directory

Filename: Unknown

Line Number: 0